Setelah lama memakai Limewire sebagai aplikasi utama dalam kegiatan P2P, apalagi waktu saya mendapat Limewire versi 5 Pro yang sudah include full version sehingga bisa turbo charged connection waktu men-download file, namun akibat adanya protes dari berbagai pihak (red : baca artikel tentang limewire yang di-banned) karena pelanggaran hak cipta maka aplikasi Limewire tidak bisa lagi digunakan.

Akhirnya saya mendapat penggantinya yang boleh dikatakan sepadan (atau lebih baik) yaitu Frostwire. Aplikasi ini sama saja dengan aplikasi P2P yang lainnya, namun mempunyai kelebihan yaitu adanya turbo-charged connection yang bisa memaksimalkan kecepatan download. Kemudian keunggulan lainnya ialah sofware ini freeware, so kita ga perlu membeli aplikasi ini. Untuk menggunakan aplikasi diperlukan Java / Java Runtime Environment yang harus ter-install di komputer kita agar aplikasi ini bisa dijalankan.

Frostwire ini bukan hanya bisa mencari file secara Peer-To-Peer tapi juga bisa kita gunakan sebagai aplikasi utama untuk mendownload file secara torrent (bahkan lebih cepat dari aplikasi torrent yang lainnya, boleh dicoba dan dibandingkan).

Screenshot FrostWire 4.21.1 (lihat garis merah samping kiri bawah, Note: Turbo-Charged Connection, salah satu keunggulan FrostWire)

Untuk men-download FrostWire versi terbaru silahkan klik disini.